Minggu, 03 April 2016

Menjaga Kesehatan Ginjal

Menghindari faktor yang dapat memperbesar risiko dari penyakit ginjal adalah hal yang utama yang perlu dilakukan. Selain itu, pilihan gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum, sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana caranya untuk menjaga ginjal agar tetap sehat yang bisa dilakukan:

1. Komsumsi makanan
 Konsumsilah makanan yang alami dan sehat untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan nutrisi alami dan minim zat pengawet atau zat kimia lainnya pada makanan tersebut akan membuat ginjal selalu sehat. Berbeda dengan makanan olahan yang banyak mengandung bahan kimia, membuat ginjal bekerja lebih keras menyaring zat kimia tersebut.

2. Rajin olahraga
Olahraga yang teratur akan membuat kesehatan tubuh terjaga, termasuk juga ginjal. Dengan olahraga maka anda bisa memacu fungsi metabolisme tubuh berjalan baik.

3. Stabilkan gula darah
Kondisi kadar gula dalam darah juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Tak heran jika pasien diabetes kerap mempunyai masalah pula pada organ ginjalnya. Jagalah kadar gula darah dengan asupan rendah gula, agar ginjal tak bekerja terlalu keras menyaringnya.

4. Jaga tekanan darah
Jaga agar tekanan darah stabil. Dengan tekanan darah yang stabil, maka kondisi ginjal juga akan sehat. Ini karena ginjal juga turut berpengaruh untuk memelihara kesehatan sirkulasi darah. Jika kondisi tekanan darah tidak stabil, maka ginjal akan bekerja lebih keras dan rentan sakit.

5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih. Bila anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga anda tidak akan mengalami dehidrasi.

6. Batasi konsumsi obat
Jangan biasakan diri minum obat kimia jika mengalami sakit sedikit. Misal pusing sedikit, minum obat. Ini akan membuat ginjal bekerja keras. Konsumsilah obat herbal atau bahan alami untuk mengatasi sakit anda. Akan lebih baik bila setiap obat yang anda konsumsi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar